Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil

16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil  - Wanita hamim memang rentan akan segala makanan dan minuman yang ia gunakan, hal ini karna menyangkut kesehatan dari si cabang bayi.

Banyak cara dan obat tradisional yang ditempuh untuk mendapatkan anak yang sehat dan cerdas salah satunya meminum racikan jamu tradisional.

Memang meminun jamu sangat sehat dan baik untuk ibu dan sicabang bayi, tapi jangan sampai salah kaprah karna sumua yang dikonsumis oleh ibu hamil harus diperhatikan dengan jeli.

Bagi anda yang ingin medapatkan perawatan yang secara optimal dapat berkonsultasi dengan ahli kesehatan kandungan agar ia dapat memberikan petujuk penangan yang baik.

16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil
16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil

Salah disini maksudnya mengkonsumsi obat herbal untuk membuat sicabang bayi menjadi lebih sehat, namun kerna kurangnya pemahan dan dasar-dasar obat herbal menyebabkan akibat fatal.

Ada beberapa tanaman obat herbal yang dipercaya memiliki manfaat dalam mengatasi berbagai penyakit, tapi bukan berarti dapat dikonsumsi secara umum, mungkin tanaman itu dilarang untuk ibu hamil.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai 16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil. Apa saja itu? Untuk lebih jelas nya simak ulasan berikut ini.
 

#16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil

Sebelum mengkonsumsi obat herbal yang ada berapa persayaratan yang harus anda ketahui agar tidak terjadi salah kaprah diantaranya :
  • Harus melakukan konsultasi pada dokter ahli
  • Mengetahui khasiat dan manfaat dari tanaman obat
  • Mengetahui efek samping dan kepada siapa saja obat tersebut boleh digunakan
  • Mengetahui jumlah takaran atau dosis yang diperbolehkan
Jika ke-4 persyaratan diatas sudah dapat dipenuhi secara menyeluruh maka anda boleh menggunakan obat tradisiobal.

Nah, berikut 16 jenis tanaman yang apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat membahayakan dari cabang bayi dan ibu, diantaranya sebagai berikut :
 
#1. Arbenan
Nama ilmiah dari tumbuhan arbenan adalah duchesnea indica, daerah jawa sering menyebut tanaman ini dengan sebutan seladren. Ciri tumbuhan ini memiliki daun yang merucing serta pada bagian sisinya bergerigi, memiliki warna hijau. Bagi wanita hamil dan kondisi lemah dilarang minum hasil rebusan herbal ini.
 
#2. Bunga matahari
Nama ilmiah dari tanaman bungan matahari adalah heliantuhus annuus. L, bagi masyarakat bali sering menyebut tanaman ini dengan sebutan sungeng. Ciri –ciri tanaman ini memiliki bunga seperti matahari, sisi bungan berwarna kuning, dan bagian tengah berwarna coklat, biji-biji bunga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kuaci.  Tapi perlu di ingat wanita hamil dilarang  minum hasil rebusan dari bunga matahari.
 
#3. Brojo lintang
Nama ilmiah dari tumbuhan ini yaitu belamcanda sinesis, bagi masyarakat  minahasa menyebut tanaman brojo lintang  dengan sebutan minahasa. Ciri tumbuhan ini  memiliki bunga yang indah berwarna kuning berbintik-bintik, serta berkelopak 3 – 4 bagian. Bagi wanita hamil dilarang keras mengkonsumsi hasil rebusan dari tanaman ini.
 
#4. Gempur batu
Nama ilmiah  dari tanaman ini adalah boreria hispida schum, bagi masyarakat  melayu sering menyebut  tanaman gempur batu dengan sebutan rumput setawar. Ciri – ciri tanaman ini tidak memiliki bentuk batang seperti kayu, tetapi memanjang pada permukaan tanah, bentuk daun agak membulat. Wanita hamil dilarang mengkonsumsi air rebusan tumbuhan ini.
 
#5. Ginjean
Nama imiah dari tanaman ini adalah leonurus sibiricus, bagi masyarakat sunda sering menyebut tanaman ginjean dengan nama padang derman. Ciri – ciri tanaman  ginjean yaitu : memiliki batang yang kecil daun yang kecil dab bercang tiga, seperti kaki ayam.wanita hamil dilarang mengkonsumsi jenis tanaman ini, pemakian sebanyak 30 gram atau lebih dapat memicu keracunan.
 
#6. Jali
Nama ilmiah dari tanaman ini adalah coix lacryma jobi. Masyarakat aceh sering menyebut tanaman ini dengan sebutan jelim. Ciri – ciri tanaman jali adalah : berbentuk seperti  kacang yang terbungkus oleh kulit yang berwarna hijau, memiliki daun yang memanjang. Bagi wanita hamil dilarang mengkonsumsi munuman dari akar jali karena dapat menginduksi persalinan.
 
#7. Kembang sore
Nama ilmiah dari tanaman ini adalah abutilon indicum, bagi masyarakat pelembang sering menyebut dengan nama belalang sumpa. Ciri – ciri tanaman ini memiliki bungan kekuning-kuningan, serta seperti lipatan –lipatan yang berbentuk lingkaran yang memiliki ruang. Bagi wanita hamil dilarang mengkonsumsi hasil estrak tumbuhan ini.
 
#8. Kembang pukul empat
Nama ilmiah dari tanaman ini mirabilis jalapa, orang makasar sering menyebut jenis tanaman ini dengan nama bunga-bunga petanggi. Ciri-ciri tanaman ini yaitu  : memiliki bungan yang indah, berkelopak lima, serta berwarna merah. Bagi wanita hamil dilarang mengkonsumsi dari hasil rebusan tanaman ini.
 
#9. Krokot
Nama ilmiah dari tanaman ini adalah portulaca oleracea. Bagi masyarakat maluku sering menyebut tanaman dengan sebutan jalu-jalu kiki. Ciri – ciri tanaman ini yaitu : memiliki bentuk daun yang bulat dan bergrombol serta ukuran daun yang kecil. Bagi wanita hamil dilarang mengkonsumsi krokot.
 
#10. Kunyit
Nama ilmiah dari tanaman ini yaitu  cucuma longa. Bagi masyarakat papua sering menyebut tanaman ini dengan sebutan nikwai. Ciri – ciri tanaman ini yaitu memiliki rampang yang digunakan sebagai obat dan bumbu masaka, warna rimpang ketika dibelah berwarna kuning.  Kunyit sering sekali digunakan sebagai bumbu masak, konsumsi kunyit secara berlebih sangat membahayakan bagi ibu hamil.
 
#11. Lidah buaya
Nama ilmiah dari tanaman ini yaitu aloe vera,  bagi masyarakat sunda sering menyebut tanaman ini dengan nama letah buhaya. Ciri – ciri tanaman ini berbentuk seperti lidah buaya, meruncing pada bagian ujung, memiliki daging yang tebal dan jika dibelah tersimpan banyak lendir. Wanita hamil, penderita diare,  dan gangguan pencernaan dilarang minum dari eksrak tanaman lidah buaya.
 
#12. Mawar
Nama ilmiah dari tanaman ini disebut dengan rosa sinesis jacq, bagi masyarakat indonesai sering juga menyabut dengan nama bunga ros, tanaman ini memiliki ciri-ciri memiliki bungan yang indah, berbagai warna, ada merah, putih dan kuning. Wanita hamil dilarang meminum rebusan tanaman ini, oran gdengan pencernaan lemah juga haru sberhati-hati mengonsumsinya.
 
#13. Putri malu
Nama ilmiah dari tanaman putri malu yaitu  mimosa pudica. Masyarakat melayu sering menyebut tanaman ini dengan nama rebah bangun. Ciri-ciri tanaman ini yaitu apabila duan di sentuh maka akan ada gerakan riflek dari daun yang menutup sendiri. Bagi wanita hamil dilarang  minum rebusan tanaman ini.
 
#14. Rumput Bambu
Nama ilmiah dari tanaman ini yaitu  lopatherum gracile brongn. Tumbuhan ini seperti rumput tapi menyerupai bambu, akarnya berwarna putih dan banyak. Bagi wanita hamil dilarang mengkonsumsi hasil rebusan tanaman ini.
 
#15. Sidaguri
Nama ilmiah dari tanaman ini adalah sida rhombirolia. Masyarakat minangkabau sering menyebut tanaman ini dengan nama saliguri. Ciri – ciri tanaman yaitu : memiliki daun yang kecil dan sedikit bulat memanjang, berwarna hijau. Wanita hamil dilarang mengkonsumsi sidaguri.
 
#16. Temu putih
Nama ilmiah dari tanaman ini yaitu  cucuma zedoaria rosc, masyarakat sunda sering menyebut tanaman ini dengan sebutan koneng bodas. Ciri – ciri tanaman ini yaitu : memiliki daun yang memanjang seperti lengkuas. Jangan diminum bagi wanita hamil dan haid berlebih.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil 

Bagi anda yang membeli obat herbal ataupun tidak terutam bagi ibu hamil setidaknya harus berkonsultasi dengan pihak dokter dulu untuk jaga-jaga hal yang tidak dinginkan.

Kesehatan si cabang bayi adalah kebahagian bagi ibu, untuk bantuan tambahan nutrisi haruslah ada, namun tidak mesti harus berlebih dan akhirnya salah kaprah.

Semoga artikel yang singakat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai pantangan bagi ibu hamil. Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil"