Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala penyakit ambien serta cara pencegahan penyakit wasir yang baik dan benar

Gejala penyakit ambien (wasir) serta cara pencegahan penyakit wasir yang baik dan benar - Ambien atau wasir adalah salah atu penyakit dari pembesaran vena di dalam usus besar (rectm) dan sekitar dubur (anus) yang kadang – kadang disertai pendarahan lewat anus.

Jika kita amati masyarakat awam meyebut penyakit ambien dengan sebutan penyakit wasir. Penyakit ini memiliki tingkatan dan stadium tersendiri dari yang masih dapat di sembuhkan hingga tidak dapat lagi disembuhkan. Ada 2 jenis penyakit ambien yang kita kenal yaitu :
  • Ambien tipe internal – ambien yang terjadi di dalam saluran anus
  • Ambien tipe eksternal – ambien yang terjadi di luar saluran anus
Penyakit ini dikatagorikan cukup menyiksa bagi penderitanya karna jika sudah dalam stadium lavel akhir maka wasir tidak dapat dimasukkan kembali ke dalam rectum tentu dalam kondisi apapun dapat membuat seperi BAB dan duduk akan terasa sakit. Untuk itu anda lebih ditekankan mencegah ketimbang mengobati.

Gejala penyakit ambien serta cara pencegahan penyakit wasir yang baik dan benar
Gejala penyakit ambien serta cara pencegahan penyakit wasir yang baik dan benar

Dari hasil penelitian yang dilakukan penyebab dari penyakit ambien masih tanda tanya, dara hasil data menunjukkan bahwa praduga disebabkan oleh peningkatan   tekanan pada vena di sekitar rectum dan anus karena beberapa penyeyab seperti :
  • Sering mengejan pada saat buang air besar
  • Mengangkat beban berat secara berlebihan
  • Melahirkan
  • Batuk yang terlalu keras
Masalah yang paling besar yang meyebabkan penyakit ambien adalah sering mengejan pada saat BAB, yang bisa disebabkan kurangnya mengkonsumsi makanan tinggi serat dan buah-buahan yang dapat melancarkan BAB.

Penyakit ambien bisa minimbulkan  komplikasi seperti pendarahan berat, infeksi, dan yang lebih parah pembesaran wasir yang keluar dari anus yang sulit sekali dimasukkan kedalam rectum.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh tentang Gejala penyakit ambien (wasir) serta cara pencegahan penyakit wasir yang baik dan benar. apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

#5 Gejala – gejala dari penyakit ambien (wasir) yang harus anda waspadai

Sebelum terjadi penyakit wasir atau ambien maka tanda-tanda awal dapat anda rasakan, jika anda jeli maka anda dapat menyembuhkan lebih dini dan berusaha mencegah agar wasir bisa sembuh, sebab penyakit ini sangat mudah sekali disembuhkan ketika hanya masuk dalam stadium satu atau masih tahap awal.

Tanda-tanda dan gejala dari penyakit wasir atau ambien diantaranya sebagai berikut :
1. Muncul tonjulan daging lunak
Pada bagian anus akan muncul bagian benjolan lunak yang terasa ingin keluar
 
2. Terasa gatal dan terasa panas
Bagian tonjolan itu terasa sedikit gatal dan panas jika tahap – tahap awal tanda-tanda ini masih kurang terasa dan jarang disadari oleh penderita
 
3. Terjadi pendarahan saat buang air besar
Ketika anda buang air besar terjadi masalah pendarahan, maksud pendarahan disini yaitu pendarahaan dimana darah yang keluar masih segar bukan bersal dari usus atau bagian dalam tubuh,, biasanya disertai dengan rasa perih.
 
4. Terasa sakit ketika mengejan saat buang air besar
Ketika PUP terasa keras, maka saat itulah anda akan mengejan pada saat buang air besar, kebiasaan seperti yang berulang – ulang dapat memicu ambien dan wasir, bagi penderita stadium satu bisa naik menjadi stadium 2. Ketika sudah sampai ke stadium 2 proses mengejan pada saat BAB akan terasa sakit dan nyeri.

5. Ketika duduk terlalu lama terasa tidak enak dan nyeri yang mengganggu
Ketika duduk bekerja terlalu lama dikomputer dapat memberikan efek tidak enak disertai rasa gatal dan panas, tanda-tanda seperti ini masih dikatagorikan sedang, jika sudah disertai rasa sakit dan nyeri, anda harus segera menangani dengan ahlinya.
 

#9 Cara pencegahan penyakit ambien (wasir) secara benar

Nah, setalah anda sudah mengetahui dari gejala dan tanda-tanda dari penyakit wasir, langkah selanjutnya yaitu mencegah, bagi yang sedang menjalani pengobatan maka wajib mematuhi anjuran dan pantangan bagi penderita wasir.

Bagi yang belum terkena penyakit wasir, berbahagialah karna anda akan tahu mencegah penyakit wasir agar kita terhindar dari padanya. Cara mencegah penyakit wasir atau ambien diantaranya sebagai berikut :
 
1. Konsumsi sayur dan buah
Inti dari masakah ambien yaitu pada BAB, BAB berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi penderita, dengan rajin mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan baik untuk pencernaan maka proses BAB akan menjadi lancar dan plong, dan tidak ada lagi yang namanya mengejan atau PUP yang keras seperti batu.

Artikel terkait lainnya : Hubungan kesehatan dengan dosa dan perilaku masyarakat modern

Makanan tinggi serat banyak terdapat pada buah-buahan seperti pisang, semangka, sayur bayang, kangkung dan lain sebainya.
 
2. Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur dapat mengatasi kesehatan tubuh, untuk anda yang ingin berolahraga, usahakan memilih olahraga yang ringan saja serta tidak memaksakan diri untuk mengangkat beban yang berat yang dapat memberikan tekanan pembuluh vena pada bagian sekitar rectum.
 
3. Menghindari pekerjaan yang terlampau berat
Sama halnya dengan olahraga diatas, ada beberapa pekerjaan yang berat yang dapat meberikan efek seperti mengejan, jika memang sudah menjadi kebutuhan utama, tetap usahakan sesuaia dengan kamampuan yang anda bisa.

4. Kurangi banyak duduk pada saat bekerja
Banyak duduk dapat memicu tekanan disekitar dubur yanda dapat memicu pendarahan dan tekanan. Duduk terlalu lama dapat menjadi penyebab dari penyakit ambien atau wasir.

Bagi anda pekerja yang selalu berhubungan dengan komputer yang harus duduk lama didepan komputer sebaiknya, anda harus memberikan jeda serta lakukan olahraga ringan dimeja kerja anda.
 
5. Menghindari makanan yang terlalu pedas
Hindarilah mekanan yang memberikan rasa panas pada dubur/ anus pada saat anda buang air besar, makanan yang berbahan cabe dan jehe dipercaya dapat  menimbulkan rasa perih pada saat buang air besar.
 
6. Waspadai penyakit turunan anda
Penyakit ambien umumnya merupakan penyakit turunan, kerenanya tindakan pencegahan dapat diupayakan sendini mungkin, tampa menunggu setalah ada gejala-gejala yang timbul. Untuk lebih jelasnya anda bisa konsultasi pada dokter ahli wasir.
 
7. Hindari stres
Menghindari stres dan depresi dapat memberikan rasa nyaman dan tidak memperparah keadaan.
 
8. Menjaga kebersihan badan dan kesehatan badan
Menjaga kesehatan badan  baik itu kesehatan maupun kebersihan badan  dengan tujuan untuk menghindari infeksi  serius yang dapat menimbulkan komplikasi.
 
9. Jangan gunakan toilet duduk
Bentuk toilet duduk tidak baik untuk kesehatan, karan posisi dan cara buang air besar dengan cara berduduk dapat mempersempit ruang gerak anus yang berujung pada mengejan level tinggi, sebaiknya gunakan toilet jongkok agar tetap dapat menjaga kesehatan cara buang air besar yang baik.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Gejala penyakit ambien (wasir) serta cara pencegahan penyakit wasir yang baik dan benar.

Penyakit ambien sering dialami bagi orang-orang yang malas mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat, pola makan yang sehat akan memberikan sistem pencernaan tubuh yang baik.

Selain dari pola makan yang salah, ambien juga banyak disebabkan gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu lama duduk di kursi kerja dan cara olahraga yang salah.

Ketika pembesaran pembuluh vena masih dalam tahap awal sebaiknya anda segara mengatasi penyakit ambien ini agar lebih mudah untuk disembuhkan.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai gejala dan cara mencegah penyakit ambien atau wasir. Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Gejala penyakit ambien serta cara pencegahan penyakit wasir yang baik dan benar"