Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui anda kurus - normal atau gemuk dengan perhitungan IMT dan indeks massa tubuh (alat pemantau berat badan)

Cara Mengetahui anda kurus - normal atau gemuk dengan perhitungan IMT dan indeks massa tubuh (alat pemantau berat badan) - Banyak cara dokter untuk melihat kondisi tubuh seseorang melalui melihat sekilas dari barat badan dan tinggi badan, pada umumnya kesehatan seseorang dapat dipantau dari 2 unsur tersebut.

Tinggi dan berat badan dipengaruhi oleh pola makan yang sehat dan aktivitas harian seperti olahraga dan lain sebagainya. 

Banarkah pola makan anda? Sudahkah anda memperhatikan pola makan anda?  Ada cara untuk mengecek pola makan  anda apakah sudah baik atau belum, yaitu menggnukan BMI atau IMT.

Apa itu BMI dan IMT? BMI adalah  body mass index sedangkan  IMT adalah indeks massa tubuh. Kedua cara ini adalah salah satu untuk melihat dan mendiagnosa apakah keseimbagan pertumbuhan anda baik dan pas, ataukan dalam katagari kurang bahkan berlebih.

Sesuai dengan tema artikel hal kita akan mengecek pola makan anda dengan menggunakan sistem IMT (indeks massa tubuh) melalui pengukuran berat badan dan tinggi badan dengan rumus IMT yang telah baku.

Dengan menggunakan bantuan rumus IMT anda dapat mengetahui 3 kumungkinan yang terjadi yaitu :
  • Anda dinyatakan kurang baik jika dibawah standar pengukuran (kurus)
  • Anda dinyatakan normal jika berada diantara tebel kurus dan gemuk (normal)
  • Anda dinyatakan gemuk jika melebihi dari kapasitas tabel yang telah ditentukan.
Apakah anda termasuk orang yang kurus, atuakan normal, atuakan gemuk, untuk mengujiknya kamu bisa menggunakan rumas IMT (indeks massa tubuh)
Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai Cara Mengetahui anda kurus - normal atau gemuk dengan perhitungan IMT dan indeks massa tubuh (alat pemantau berat badan). Apa saja itu? Untuk lebih jelansya simak ulasan berikut ini.
 

#Indeks massa tubuh (IMT)

Indeks massa tubuh atau yang disingkat dengan IMT adalah sebuah perhitungan baku untuk mengetahui  pola makan sehat yang anda terapkan. Rumus umumnya sebagai berikut : 

Cara Mengetahui anda kurus - normal atau gemuk dengan perhitungan IMT dan indeks massa tubuh (alat pemantau berat badan)
Cara Mengetahui anda kurus - normal atau gemuk dengan perhitungan IMT dan indeks massa tubuh (alat pemantau berat badan)
Indeks massa tubuh juga bertujuan untuk memantau status gizi orang dewasa khusnya untuk memantau  yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan.

Apa efek dari kelebihan dan kekurangan berat badan? Sering sekali kita mendangar kata seperti ini orang yang memiliki bentuk tubuh lebih sehat dari pada orang yang memiliki tubuh gemuk? Anggapan ini keliru, sebenarnya keduanya memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri yang bagi tubuh.

Bagi si kurus ia akan mudah sekali sakit yang disebabakan oleh infeksi tubuh sedangkan bagi si gemuk ia akan mudah sekali terserang penyakit degenaritif.
Jadi tubuh yang sehat itu bukanlah tubuh yang terlampau kerus ataupun terlamapu gemuk, semuanya harus balance agar mendapatkan keseimbangan.
 

#IMT sebagai alat pemantau berat badan

Nilai IMT  menunjukkan  berat badan seseorang dinyatakan apakah ia KURUS – NORMAL – GEMUK. Batas ambang dari IMT ditentukan dengan merujuk ketentuan FAO/WHO yang telah membedakan batas ambang laki-laki  adalah 20,1 – 25,0 dan untuk perempuan adalah 18,7 – 23,8. Jadi bagi laki-laki menggunakan ambang batasnya sedangkan perempuan menggunakan ambang batasnya.

Artikel terkait lainnya : 10 Akibat buruk minuman keras bagi kesehatan fisik

Bagi kita yang berada di indonesia, ambang batas dari IMT  telah disesuaikan menurut gen dan rata-rata tinggi dan berat badan orang indonesia. Untuk lebih jelasnya simak tebel berikut ini.
TABEL
 

#ALat yang diperlukan untuk menghitung IMT (indeks massa tubuh)

Untuk melakukan percobaan kesehatan dengan metode IMT adan beberapa alat yang harus anda persiapkan terlebih dahulu, diantaranya sebagai beriku:

Timbangan (Kg) – timbangan berfungsi untuk mengukur berat badan anda dengan satuan kilogram

Pengukur tinggi badan (m) -  pengukur tinggi badan berfungsi untuk mengukur tinggi badan dengan satuan meter yang dikuadratkan

Aturan IMT – aturan IMT adalah aturan baku yang telah ditetapkan oleh rumus dan ambang batas IMT yang telah anda ketahui sebelumnya

Kalkulatar – kalkulator berfungsi untuk menghitung dan mengkalkulasi dari berat dan tinggi anda agar hasilnya lebih akurat dan mempermudah peroses perhitungan
 

#Perlakuan rumus IMT hanya berlaku pada orang tertentu

Walaupun IMT adalah cara paling mudah untuk mengetahui anda sudah menerapakan pola makan yang sehat serta untuk mengetahui anda seorang yang gemuk atau kurus atau normal.

Tetapi bukan berarti kalkulasi hitungan sehat ini bisa dianggap benar karna hal ini bisa juga dipengaruhi oleh gen orang tuanya. Namun anda bisa menjadikan rumusan ini sebagai pertimbangan yang baik karna sudah disahkan oleh WHO.

Namun bekan berarti rumusan ini bisa digunakan untuk siapa saja, ada beberap orang yang tidak akan berlaku rumusan IMT, bagi yang tercantum pada uruaian di bawa ini maka rumusan IMT tidak dapat digunakan , diantaranya sebagai berikut :
  • Anak- anak yang belum mencukupi umur +18 tahun
  • Fase remaja
  • Bayi/balita
  • Ibu hamil
  • Penderi suatu penyakit yang menyebabakan tubuh menjadi kurus atau gemuk atau tubuh memendek atau memanjang
  • Olahragawan

Bagi anda tidak dalam katagori diatas dapat menggunakan rumusan IMT sebagai diagnosa apakah pola makan anda sudah benar atua belum.
 

#Cara Menghitung IMT (indeks massa tubuh) yang benar

Nah, setelah mengetahui aturan dan beberap hal yang harus di ketahui tentang IMT selanjutnya langsung saja kita praktekan cara menghitung IMT yang benar pada diri anda, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Contoh pertama :
Tinggi badan udin 167 cm dan berat badannya 50 kg. indeks massa tubuh udin adalah :
 
Masukkan rumus yang ada :
50 kg / (1,67 x 1,67)m2 = 17,9
Status  gizi udin adalah kurus  tingkat ringan . udin dianjurkan menaikan berat badansampai menjadi normal antara 51.5 – 69,7 dengan IMT 18,5 – 25,0.
 
Contoh kedua :
Tinggi badan fika 150 cm dan berat badannya 60 kg, indeks massa tubuh fika adalah :

Masukkan rumus yang ada :
60 kg / (1,5 x 1,5) m2 = 26,70
Status gizi tubuh fika adalah gemuk tingkat ringan, fika dianjurkan menurunkan  erat badannya menjadi 41, 62 – 56,25 kg agar mencapai berat badan normal  dengan IMT 18,5 25,0.

Anda pasti bingun untuk menghitung angka diatas bukan. Untuk itu perlu penggunaan kalkulator, caranya dan stepnya cukup simpel. Saya akan uraikan penjelasan contoh nomor satu :

Pertama- tama kamu tinggi badan udin dengan seratus, maka menjadi 167 : 100 = 1,67. langkah selanjutnya kalikan 1.67 x 16,7 = 2,889. Langkah terakhir tinggal bagian 50 : 2,889 = 17,9. Proses selesai.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Cara Mengetahui anda kurus, normal atau gemuk dengan perhitungan IMT dan indeks massa tubuh (alat pemantau berat badan)

Dengan mengetahui massa berat tubuh maka kita dapat mengecek secara dini apakah pola makan dan aktivitas harian kita seimbang.

Tubuh yang kurus menandakan asupan makanan yang kurang  sedangkan tubuh yang gemuk ditandai dengan asupan makanan yang berlebih yang dapat memicu obesitas.

Mediagnosa lebih dini lebih baik dari pada harus mengakhiri dalam satu pengobatan.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai IMT (Indeks massa tubuh). Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya. Bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui anda kurus - normal atau gemuk dengan perhitungan IMT dan indeks massa tubuh (alat pemantau berat badan)"