Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara alami

12 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara alami - Tekanan darah tinggi bukanlah hal yang harus anda sepelekan, karna dampak yang di hasilkan dapat menyebabkan sroke , dan serangan jantung mendadak akibat peyumbatan darah.

Seseorang di katakan memiliki tekanan darah tinggi apabila memiliki tekanan darah melebihi 90/140 mmhg.

Sama halnya dengan penyakit anemia (kekurangan darah), penyakit darah tinggi juga dapat meyebabkan penderitanya merasa pusing.

Cara yang paling efektif untuk mengontrol darah tinggi yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat mulai dari aktivitas sehari-hari, makan dan minum hingga istirahat, haruslah selalu dikontrol dengan baik.

Obat-obatan telah lama di gunakan untuk mengatasi masalah ini, tetapi ada tips yang cukup sederhana untuk mengatasi hal tersebut.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin mengupas tentang 12 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara alami, bagaimanakah caranya? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

12 Cara Sederhana Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara alami

12 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara alami
12 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara alami
Apa itu tekanan darah tinggi ? tekanan darah tinggi bisa kita sebut juga dengan istilah HIPERTENSI, yaitu penyakit naiknya tekanan darah seseorang pada pembuluh darah dalam masa waktu yang cukup lama.

Penyebabnya bisa di sebebkan oleh peyempitan pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan timbunan dan penyumbatan darah oleh lemak dan zat laianya.

Untuk itu ada tips sederhana untuk menurunkan tekanan darah tinggi, diantaranya sebagai berikut:
 

#1. Hindari stres

Pikiran yang stres memang menjadi masalah untuk kesehatan, apalagi yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Emosi yang tidak stabil dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah. Untuk menghindarinya kamu harus bisa membiasakan selalu berpikir posititv thinking sehingga tidak mudah stress.
 

#2. Olahraga secara teratur

Olahraga memang salah satu cara yang paling efektif menurunkan tekanan pada darah, bagi anda yang mengidap penyakit hepertensi atau darah tinggi sangat di anjurkan untuk sering berolahraga minimal 3 kali dalam satu minggu (jogging, bersepada, dll) dengan durasi 30 – 1 jam setip kali berolahraga.


Artikel terkait lainya : 13 Hal Yang Dapat Mengganggu Fungsi Ginjal, Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal Anda

Aktivitas olahraga yang teratur dapat menrunkan tekanan darah tinggi sebesar  5-10 mmHG.

Manfaat lain yang dapat kita rasakan dari berolahraga adalah dapat menjaga tubuh tetap bugar dan mengurangi obesitas dari lemak yang menumpuk, karna biasanya seseorang yang mengidap penyakit hipertansi selalu dikatikan dengan obesitas
 

#3. Mengurangi berat badan

Jika berat barat badanmu tidak normal karna timbunan lemak yang banyak apalagi kamu mengidap darah tinggi, saya sarankan untuk rajin berolahraga sehingga dapat mengurangi berat badanmu.

Kenaikan berat badan merupakan salah satu factor penyebebab hipertensi. Semakin berat badan berkurang maka tekanan darah juga akan ikut berkurang. Maka dari itu upayakan selalu menjaga asupan makanan dan tatap melakukan retinas harian dengan pola hidup sehat
 

#4. hindari alkohol

Jika kamu ingin terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi maka mulai sekarang jauhilah alkohol, apalagi anda yang sudah mengidap penyakit hipertensi yang sudah menahun sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumi alcohol, atau anda akan mengalami resiko tekanan darah tinggi melebihi kapasitan yang tentunya sangat berbahaya
 

#5. hidari asupan sodium (natrium)

Bisaanya natrium banyak terdapat pada makanan yang tinggi garam. Garam pada umumnya terdiri 40 persen natrium dan sisnya ion klorida.

Untuk menghidari naiknya tekanan darah tinggi sagat di ajurkan untuk adan menguragi asupan sodium harian.

Asupan natrium yang di anjurkan adalah 2000 mg atau kuarang, bagi yang sudah lanjut usia , umur minimal 50 tahun ke atas hanya berkisarn 1500-2000 saja perharinya.
 

#6. Konsumsi makanan yang sehat

Jenis makanan yang di anjurkan bagi anda yang mengidap penyakit hipertensi dan bagi anda yang ingin tehindar dari hipertensi adalah: Biji-bijian, Susu rendah lemak, Buah dan suyur.

Kadang-kadang kita memang sulit merubah pola makan kita, akan tetapi jika sudah terbiasa maka akan mudah, konsumsilah makan yang di anjurkan bagi penderita hipertensi dengan cara menambahkan 1-3 menu makanan sehat setiap harinya.
 
Tips membuat jus seledri
 
Kandungan pada sayur seledri sangat baik untuk menurukan darah tinggi, resep ini sadah di perkenalkan pada pengobatan china.

Karna kandungan kalium, mineral dan antiosdannya yang tinggi sangat mendukung mengurangi tekanan darah tinggi apalagi bila di konsumi secara ritin 1 minggu sekali.
 
Bahan
  • Seledri yang sudah di cuci bersih
  • Air putih
  • Blender
  • saringan
Cara pembuatan

  • Potong seledri menjadi kecil agar mudah untuk di haluskan
  • Masukankan kedalam blender
  • Tambahkan air putih secukupnya
  • Blender hingga halus
  • Saring sari seledri dari ampasnya
  • Jus seledri siap di minum
Catatan : konsumsilah jus seledri ini sesuah sarapan pagi
Selalu cek tekanan darah tinggi anda apakah turun, jika sudah turun dan kembali menajadi normal, maka anda tidak perlu mengkonsumi jus seledri lagi sebab berakibat mengurangi darah anda (anemia)

Tips bawang putih

Senyawa alisin yang terdapat pada bang putih mampu menurnkan darah tinggi sebab senyawa alsilin dapat melebarkar dan menghidari pembekuan darah.

Tidak itu saja senyawa yang terdapat pada bawang putih dapat membakar lemak dan mengurangi kolestrol jahat pada tubuh

Cara konsumsi secara langsung
  • Ambil 1-3 siung bawah putih, kupas kulitnya lalu cuci bersih
  • Kamu bisa memakannya langsung dengan campuran nasi

Cara konsumi tidak langsung
  • Ambil 1-3 siung bawang putih, blender hingga halus, ambil sari bawang putih dengan saringan, tambahkan air putih secukupnya, jus bawang putih siap untuk di hidangkan

#7. Hindari merokok dan asap rokok

Kandungan nikotin pada asap rokok dapat menyebabkan nainya tekanan darah tinggi anda, biasanya dapat meningkatkan samapai 10 mmHG. 

Masalah lain yang dapat di timbulakan dari merokok adalah penyakit jantung dan paru-paru apalagi di tambah dengan hipertensi, ini tentu sangat berbahaya karna dapat mengakibatkan sroke seketika.

Bagi anda yang bukan prokok aktif (perokok pasif) sebisa mungkin untuk menghindari asap rokok karna dampak yang di timbulkan bahkan lebih parah dari perokok aktif.
 

#8. menggunakan obat herbal

Obat herbal sangat cocok di konsumsi dalam jangka panjang karna tidak menimbulakan efek samping terhadap tubuh, apalagi obat herbal tersebut di racik anda, tentu kamu akan mendapatkan hasil yang lebih fress. Anda bisa mengkonsumi obat herbal secara rutin untuk mengurangi darah tinggi
 

#9. Hindari kafein

Menurut penelitian dari para pakarnaya minuman kafein dapat menyebabkan nainya  tekanan darah tinggi.

Dampak yang di timbulkan memang tidaklah begitu parah yaitu hanya bereaksi sementara.

Bagi anda pecinta kopi tidak ada salahnya anda mengurangi mengkonsumsi kopi dalam sehari bagi anda yang mengidap penyakit hipertensi
 

#10. Minum banyak air putih

Air putih memang asupan yang sangat penting bagi tubuh manusia, sebagian tubuh manusia terdiri dari air.

Darah yang terlalu kental dapat memicu penyumbatan pembuluh darah di perparah dengan hipertensi yang naik, maka dari itu konsumsilah air puti sesuai yang di anjurkan oleh pakar kesehatan.
 

#11. Dukungan dan motivasi

Terkadang kisa merasa malas untuk berolahraga, malas melakukan pola hidup sehat, dan lain-lain

Motivasi dan dorongan dari teman, keluarga,pacar atau istri sangatlah penting agar anda selalu mendaptkan suntikan penyemangat agar tetap melakukan gaya hidup sehat, terutama untuk anda yang mengidap penyakit darah tinggi (hipertensi)
 

#12. Istirahat yang cukup

Biasanya bagi seseorang yang sering begadang di tengah malam akan menyebakan tekanan darah tidak stabil kadang turun kadang naik. Untuk itu usahakan istirahat yang cukup setelah lelah berutinitas.

Nah, itulah 10 cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, semoga anda dapat menerapkannya dalam kehiupan sehari-hari.

Hidup sehat itu tidak ternilai harganya, kamu tidak perlu menunggu esok, jika kamu bisa melakukannya setetelah membaca artikel ini, kenapa tidak? Sampai jumpa lagi pada info kesehatan lainya.


Baca juga :
faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam : Kenali 9 Kemungkinan Penyebabnya 

Mandul akibat candida albicans, gejala keputihan pada wanita serta penyebabnya 
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "12 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara alami"