Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam : Kenali 9 Kemungkinan Penyebabnya

faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam : Kenali 9 Kemungkinan Penyebabnya - Keringat merupakan hasil pembuangan ekskresi tubuh melalui kulit manusia. Keringat akan sering keluar jika kita habis berolahraga atau cuaca yang sangat panas.

Tapi pernahkah kamu mengalami berkeringat di waktu malam ketika tidur?
Mungkin sebagian dari kita pasti pernah mengalaminya yaitu kondisi badan basah dengan keringat ketika tidur di malam hari. Jangan risau sobat sehat, karna hal ini dapat di katagorikan hal yang wajar.

Tapi, bagaimana jika keseringan bahkan setiap malam?

Jika hal ini sering terjadi pada anda, berarti ada kaitanya dengan kondisi kesehatan anda , sehingga di perlukan peninjuan lebih lanjut

faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam : Kenali 9 Kemungkinan Penyebabnya
faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam : Kenali 9 Kemungkinan Penyebabnya
Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam : Kenali 9 Kemungkinan Penyebabnya, apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#Faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur

Ternyata banjir keringat di waktu malam hari ketika anda sedang tidur, disebakan oleh bebrapa factor, yaitu diantarnya:
 

#1. Mimpi buruk

Mimpi adalah sebuah bunga tidur, mimpi akan berhubugan langsung alam bawah sadar manusia, walaupun ia sedang tidur tetapi ia dapat merasakannya.
Artikel terkait lainya : 13 Hal Yang Dapat Mengganggu Fungsi Ginjal, Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal Anda

Mimpi terbagi atas 2 bagian ada mimpi baik dan ada mimpi buruk, nah salah satu penyebab anda banjir kerigat di malam hari akibat dari kecemasan dan panic saat tidur walaupun hanya dalam mimpi.
 
Jika kamu sering mengalami mimpi buruk itu desebabakan beberapa hal di antaranya :
  • Kondisi  PSTD (post-traumatic –stress - disorder)
  • Masalah hidup dan banyak pikiran
  • Gangguan dari kesahatan
  • Gangguan dari mahluk halus

Tips menghidari dari mimpi buruk di waktu malam
  • Ber’doa sebelum tidur
  • Tidur pada jam saharusnya (jangan tidur larut malam)
  • Cek kesehatan anda

#2. Alkohol

Kandungan alkohol yang dapat menghangatkan tubuh dapat menjadi pemicu muculnya keringat pada saat tidur malam setelah sebelumnya kamu mengkonsumsi alkohol.

Selain itu kandungan alkohol yang dapat merelaksikan otot dapat menggagu saluran pernapasan atas, sehingga menyebabkan dengkuran, akibanya saluran pernapasan menjadi terganggu sehingga seseorang tidak bisa bernapas sewajarnya, inilah salah satu pemicu keringat di waktu tidur malam.
Untuk itu hidari minuman yang beralkohol
 

#3. Tidur dengan selimut, baju, piyama yang tebal

Tidur dengan selimut tebal dapat memicu keringat dimalam hari, mungkin ini wajar dilakukan jika temperature suhu turun, bisa di sebabkan hujan.

Akan tetapi jika cuaca sangat panas gunakan saja selimut yang sedang agar tidak berkerigat dimalam hari
 

#4. Temperatur suhu yang hangat

Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa temperature suhu yang hangat dapat memicu kamu berkeringat di waktu tidur. Suhu yang hangat dapat membuat sesorang merasa kepanasan pada saat tidur hal inilah yang dapat menyebabkan tidur menjadi berkeringat
 

#5. gelisah pada anak-anak

Anak kecil apalagi balita sering mengalami kegelisahan saat tidur, kadang-kadang menyebaban nafasnya terganggu. Anak kecil atau balita memang mudah sekali gelisah pada saat tidur.

Menurut kata orang tua saya, anak kecil dapat melihat sosok mahluk halus sehingga dia sering menangis ketika tidur atau merasa gelisah. Untuk mengatasi hal ini jika anda seorang ibu bisa membacakan do’a kepada anak agar merasa tenang.

Tapi jika keta lihat dari factor kesehatan jika hal ini sering di alami pada anak,langkah yang paling tepat adalah merujuk atau berkonsultasi pada ahlinya.
 

#6. Gangguan tidur

Kelainan dan gangguan pada saat tidur juga dapat menyebabkan kamu bisa mengalami banjir keringat. Gangguan yang sering di alami saat tidur adalah sleep apnea atau kesulitan bernafas saat tidur.

Jika kamu merasa sering mendengkur pada saat tidur ada baiknya, kamu periksa ke dokter apakah ada yg salah dengan saluran pernafaasan atau kesehatan anda sedang menurun
 

#7. Menopause

Menopause lebih sering di alami oleh wanita dewasa. Wanita dewasa kan mengalami banjir keringat ketika memasuki usia menopause.

Selain itu tingakat seseorang mengalami sleep apnea juga akan mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat dari biasanya. Hal ini dikarenakan hilangnya hormon progeteron dan estorogen.
 

#8. Makan malam yang banyak sebelum tidur

Makan yang banyak ketika malam hari apalagi ketika hendak tidur sangatlah tidak di anjurkan karna tidak baik untuk kesehatan

Ini disebakan makanan yang kita makan belum di cerna dengan baik sebelum kita beristirahat, apalagi jika kamu ingin tidur tetapi memasukan makanan ke dalam tubuh ini tentu saja memperparah akibat yang di timbulkan

Lambung akan terus bekerja untuk memproses makanan yang kamu makan, akibatnya tubuh bagian dalam terus bekerja sepanjang malam, inilah yang bisa meyebabkan kamu bisa banjur keringat di waktu malam
 

#9. Olahraga berat dan lama di waktu malam hari

Olahraga memang sangat di anjurkan untuk kesehatan, akan tetapi bukan berarti kamu harus berolahraga secara terus menurus.

Tubuh perlu istirahat yang cukup setelah berolahraga, jika kamu berolahraga di malam hari ,usahakan yang rigan saja dan tidak perlu terlalu lama. Hal ini dapat memicu kamu akan bajir keringat ketika tubuh hal ini desbebakan oleh aktivitas jantung yang masih belum stabil.

Nah, sobat sehat sekarang kamu sedah tahu bukan apa saja faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam. Semoga kita bisa tetap melakukan aktivitas harian dengan gaya hidup sehat, sampi jumpa lagi. 


Baca juga :
12 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara alami 

Mandul akibat candida albicans, gejala keputihan pada wanita serta penyebabnya 
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam : Kenali 9 Kemungkinan Penyebabnya"