Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menyembuhkan penyakit beri-beri secara alami serta gejala penyakit kabas dan cara menghindarinya

Cara menyembuhkan penyakit beri-beri (kabas) secara alami serta gejala penyakit beri-beri dan cara menghindarinya - Penyakit beri-beri adalah salah satu penyakit yang disebabkan karna kekurangan asupan gizi berupa vitamin B1 dan thiamin. Penyakit  ini dikatagorikan cukup berbahaya karna dapat menggangu kinerja oragan tubuh lainnya, serta efek yang paling buruk dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani oleh pihak medis.

Untuk perawatan yang terbaik adalah merujuk kepada rumah sakit atau kepada dokter ahlinya, langkah ini adalah langkah terbaik untuk mengatasi penyakit beri-beri atau kabas.

Secara ilmu kedokteran kekurangan thiamin dapat memicu  terganggunya pertukaran  zat hidrat arang di dalam tubuh, hal inilah yang menyebabkan munculnya penyakit kabas.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas tuntas mengenai Cara menyembuhkan penyakit beri-beri (kabas) secara alami serta gejala penyakit beri-beri dan cara menghindarinya. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.
 

#Penyakit beri-beri (kabas)

Penyakit beri-beri adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B1 dan thiamin  sehingga terganggunya sl saraf tepi manusia.
 

#Gejala dan tanda penyakit beri-beri (kabas)

Bagi penderita penyakit beri-beri  biasanya akan melewati  beberapa gejala dan tanda-tanda dari tubuhnya,gejala ini dapat dirasakan langsung dan dilihat langsung, uraiannya diantaranya sebagai berikut :
 
1. Selera makan berkurang
Tanda awal dari penyakit beri-beri adalah selera makan anda akan turun derastis, makanan yang lezatpun terasa tidak enak untuk dimakan, penyebab ini karna tubuh terasa tidak enak dan lemas sepanjang hari.
 
2. Mengalami gangguan pencernaan
Karna tidak mengkonsumsi makanan secara teratur, sehingga sistem pencernaan menjadi terganggu, sering maag dan BAB yang mules.
 
3. Jika berjalan agak lama dan terasa sakit
tugkai kaki hingga bagian kaki lainnya akan sangat sulit digerakkan dan terasa sangat berat, untuk menggerakannya saja sangat sulit, jika hal ini sudah terjadi maka penyakit beri-beri sudah pada fase berbahaya.
 
4. sering kesemutan
Tanda awal dari indikasi penyakit beri-beri adalah seringnya kesemutan, turama pada bagian kaki, hal ini karna terganggunya sel saraf tepi.
 
5. pembengkakan pada kaki
Penyakit beri-beri terdiri dari 2 jenis yaitu basah dan kering, ketika penyakit beri-beri basah maka pembengkakan akan terjadi terutama pada bagian kaki, paha dan tungkai kaki.

Sedangkan untuk beri-beri basah lebih dikaitkan tubuh terlihat kurus sekali dan tidak berisi, namun kebanyakan penyakit beri-beri yang menyerang manusia lebih dominan beri-beri tipe basah.
 
6. jika melakukan aktivitas berat, jantung berdebar dan sesak
Tubuh terasa lemas, dan tidak berdaya bawaanya selalu ingin tidur, ketika melakukan aktivitas berat tubuh mudah lemas dan jantung berdebar dan sedikit sesak.
 
7. jika ditekan pada bagian tubuh, maka daging tubuh sulit untuk kembali semula atua lambat
Ketika beri-beri yang menyerang tepi basah dan fase penyakit beri-beri sudah akut gejala yang mudah dapat di lihat yaitu ketika kita menekan daging pad bagian paha atau tungkai kaki, maka bagian yang ditekan sulit sekali kembali ke semula bahkan tidak sama sekali, jika diibaratkan seperti mangga yang masak dan kita tekan maka akan berbekas namun tidak mungkin dapat kembali lagi. 

#Perawatan dan pencegahan dari penyakit beri-beri (kabas)

Banyak sekali faktor – faktor penyebab beri – beri walaupun pada intinya hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin B1 dan thiamin.
Cara menyembuhkan penyakit beri-beri secara alami serta gejala penyakit kabas dan cara menghindarinya
Cara menyembuhkan penyakit beri-beri secara alami serta gejala penyakit kabas dan cara menghindarinya

Agar penyakit beri-beri tidak menyerang anda ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan  untuk mencegah penyakit beri-beri, tips ini berlaku untuk yang sudah terkena penyakit beri – beri atua yang belum guna untuk menghindari dan mempercepat proses penyembuhan, diantaranya sebagai berikut :
 
1. Makan jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B1 dan Thiamin
Kunci terhidar dari penyakit beri-beri atau kabas yaitu pemenuhi nutrisi dan gizi pada makanan yang banyak mengandung vitamin B1 dan thiamin.

Jenis makanan itu banyak terkandung pada beras,  keju, susu, buah, sayur, dan gandum.
 
2. Sering melakukan menjemur diri terutama di pagi hari
Sinar matahari adalah nutrisi yang harus dipenuhi tubuh melalui media cahaya sinar ultra sinar ini biasanya terdapat pada pagi dan petang, namun lebih kuat pada pagi hari. Orang yang jarang terpapar sinar matahari pagi lebih rentan terkena penyakit beri-beri.
 
3. tidak membiasakan bangun kesiangan
Kebiasan tidur pagi yang panjang dapat memicu penyakit beri-beri, bagi yang sudah terkena penyakit beri-beri usahakan bangun pagi dan berjalan pagi lebih menyehatkan serta mempercepat proses penyembuhan.
 
4. Olahraga yang teratur
Agar tubuh yang lemas tetap bergerak olahraga secara teratur menjadi kebiasaan yang wajib harus dilakukan, walaupun bagi penderita sulit untuk bergerak. Anda dapat melakukan berjalan dipagi hari hingga terbit matahari pagi.
 
5. jangan tidur di pagi hari dan sore hari
Menurut mitos dari orang-orang tua dulu, bahwa penyakit beri-beri sebahagian orang menyebutnya penyakit kabas, penyakit ini muncul bagi orang – orang yang suka tidur pagi dan sore.

  • Pagi : 09.00 -12.00
  • Sore : 16.00 – 18.00
Pada masa itu kita dilarang tidur, hal ini karna pada masa itu perubahan suhu, cahaya dan udara mulai naik dan berubah pada jam sebelumya. 

Bagi orang yang suka malas-malasan dan tidak bekerja sering tidur diwaktu itu, dikhawatirkan terkena penyakit kabas, agar tidak terjadi gunakan waktu pagi sebaik mungkin untuk aktivitas yang baik seperti bekerja mencari nafkah keluarga.
 

#Cara menyembuhkan penyakit beri-beri (kabas) secara alami

Pengobatan penyakit beri-beri lebih disarankan kepada pihak dokter dan rumah sakit, karna lebih efektif dan efesien dalam penyembuhannya.
Namun jika anda ingin menggunakan obat tradisioanal sebagia pendamping atua obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit beri-beri adan bisa menggunakan beberap tips obat alami dan herbal berikut ini, langkah-langkahnya sebagai berikut :
 
Obat herbal penyakit beri-beri (1)- bahan dan alat :
  • ½ sendok serbuk biji mahoni
  • 1 sendok makan madu
Cara pembuatan : 
campurkan kedua bahan tersebut aduk hingga merata. Cara penggunaan konsumsi 2x sehari setelah makan.
Obat herbal penyakit beri-beri (2)- bahan dan alat :
  • 100 gram beras merah
  • 100 gram kacang hijau
  • 100 gram biji jali
  • Madu secukupnya
Cara pembuatan : 
cuci sumua bahan menjadi bersih, buat sumua bahan menjadi bahan baku bubur yang lembut, agar tarasa manis kamu bisa gunakan madu alami atau untuk mendapatkan rasa gurih bisa menambah rasa santan atua tergantung dengan selera anda. Jadikan makanan tambahan setiap hari.
Obat herbal penyakit beri-beri (3)- bahan dan alat :
  • Daun pepaya muda secukupnya
  • 1 sendok makan madu
  • Air hangat secukupnya
Cara pembuatan : 
sipkan daun pepaya muda yang telah dipoting kecil dan dicuci bersih, selanjutnya blender hingga halus, peras dan saring sarinya sebelum itu tambahkan air hangat terlebih dahulu, setelah mendapatkan ekstrak sari daun pepaya, tambahkan 1 sendok makan madu aduk hingga merata. Cara penggunaan, konsumsi secara rutin 2 – 3 kali dalam satu hari dengan takaran ½ gelas perpamkaian.
Obat herbal penyakit beri-beri (4)- bahan dan alat :
  • 40 gram tapak liman segar
  • 120 gram tahu
Cara pembuatan : 
cuci bersih semua bahan,lalu tim untuk tapak liman segar, untuk tahu dapat dikonsumsi. Konsumsi 1x dalam satu hari,
Obat herbal penyakit beri-beri (5)- bahan dan alat :
  • 10 lembar daun sirih
  • 3 jari rimpang lempuyang
  • 6 buah cabai hitam
  • 1 cangkir beras merah
  • Air secukupnya
Cara pembuatan :
Cuci bersih semua bahan, tumbuk hingga halus, tambahkan air secukupnya. Cara penggunaan  gosokkan pada tubuh lakukan pijatan kecil, lakukan 2 kali sehari.

Obat herbal penyakit beri-beri (6)- bahan dan alat :

  • 300 gram buan nanas
  • 2 buah mengkudu yang telah masak
  • Air sekupupnya
  • madu
Cara pembuatan : 
siapkan alat dan bahan yang akan digukan, berisihkan sumua bahan, kupas kulit nanas dan mengkudu, potong kecil-kecil, blender hingga halus tambahkan madu sebagai pemanis alami dan air secukupnya. Cara penggunaan, konsumsi jus ini 1x sehari, ampasnya jangan dibuang balurkan pada bagin kaki atau tungakai kaki yang terasa sakit.
Obat herbal penyakit beri-beri (7)- bahan dan alat :
  • 15 gram jehe
  • 20 gram bawang putih
  • 60 gram kacang tanah
  • 60 gram kacang merah
Cara pembuatan : 
siapkan alan dan bahan, cuci bersih semua baha, lalu kupas kulit untuk jahe dan bawang putih, blender semua bahan, bahan olahan siap digunakan untuk berbagai jenis masakan seperti bubur, atua lainnya, itu semua tergantung selera anda. Cara penggunaan konsumsi secara rutin2 kali sehari.
Obat herbal penyakit beri-beri (8)- bahan dan alat :
  • 15 gram  duan sambung
  • 15 gram daun dewa
  • 3 buah cabai jawa
  • 600 cc air
Cara pembuatan :
Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan, cuci bersih semua bahan terlebih dahulu, siapkan panci yang telah berisi air 600cc masukkan semua bahan rebus hingga airnya menajadi ½ nya = 300cc. angakt dan saring.Cara penggunaan konsumsi secara teratur sebanyak 2 kali sehari dengan takaran 150cc /pemakaian.

Obat herbal penyakit beri-beri (9)- bahan dan alat :

  • 10 gram jahe
  • 15 gram bawang merah
  • 15 gram bawang putih
  • 60 gram lobak
  • Air secukupnya
Cara pembuatan :
Cuci semua bahan yang akan digunakan, bersihkan bahan dari kulitnya, potong menjadi kecil-kecil, lalu belender tambahkan sedikit air. Peras dan saring hingga mendapkan ektraknya , anda bisa panaskan biar menjadi lebih hangat. Cara penggunaan anda dapat mengkonsumsi secara rutin tiap hari sebanyajk 2 sampai 3 kali.
Obat herbal penyakit beri-beri (10)- bahan dan alat :
  • 60 gram duan legundi
  • Daun pisang
Cara pembuatan : 
cuci bersih semua bahan, untuk daun legundi potong menjadi lebih kecil, masukkan kedalam bleder dan haluskan, bungkus daun legundi yang telah halus dengan daun pisang, kukus selama 15menit, angkat dan dinginkan. Cara penggunaan oleskan pada bagian tubuh yang bengkak secara teratur hingga sembuh lakukan 2x sehari.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Cara menyembuhkan penyakit beri-beri (kabas) secara alami serta gejala penyakit beri-beri dan cara menghindarinya
Penyakit beri-beri bisa disebutkan penyakit pemalasa karna penyakit beri-beri identik bagi orang yang suka tidur di pagi hari dan di sore hari dimana memang jam bagi orang yang tidak bekerja untuk beristirahat.

Faktor lain juga karna kekurangan vitamin B1 dan thiamin, untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan gizi sangat baik untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit beri-beri.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuna anda mengenai obat herbal penyembuh penyakit beri-beri, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara menyembuhkan penyakit beri-beri secara alami serta gejala penyakit kabas dan cara menghindarinya"