Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cukupi makanan harian anda yang padat gizi bukan nol kalori

Cukupi makanan harian anda yang padat gizi bukan nol kalori - Menyinggung masalah makanan harian anda pasti tidak akan ada habisanya, karna kita tahu bahwa semua orang perlu makan dan makanan merupakan salah satu kebutuhan wajib manusia.

Sebaik-baiknya makanan adalah makanan yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh bukan hanya sekedar mengenyangkan atau menutupi rasa lapar anda.

Cukupi makanan harian anda yang padat gizi bukan nol kalori
Cukupi makanan harian anda yang padat gizi bukan nol kalori

Di abad modern ini banyak sekali berbagai makanan olahan dan instan yang dikonsumsi bagi keluaraga, selian lebih efesien dan hemat waktu dan tenaga dalam pengolahan, makanan instan juga memiliki farian cita rasa yang banyak dan yang lebih penting adalah rasanya yang enak dan gurih.

Tubuh manusia sangat erat kaitannya dengan berbagai nutrisi dan gizi dalam menjaga perkembagan-nya agar tetapi optimal, untuk itu kita perlu makan dan minum.

Tapi apakah makanan yang sering anda konsumsi sudah dikatagorikan sehat dan baik untuk tubuh anda?

Nah, dalam pembahasan artikel kali ini kita akan mengupas mengenai Cukupi makanan harian anda yang padat gizi bukan nol kalori. Apa saja makanan padat gizi? Dan apa saja makanan dari nol kalori? Untuk lebih lanjut simak ulasan berikut ini.
 

#Cukupi makanan harian anda yang padat gizi bukan nol kalori

Mencukit kecukupan gizi harian haruslah tepat (AKG)  angka kecukupan gizi dapat anda terapkan untuk memenuhi kebutuhan harian anda yang sehat.

Seperti yang akan kita bahas kali tentang maslah makanan padat gizi dan makanan nol kalori. Sebenarnya tampa kita sadari kita sudah sering mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang tidak bermanfaat bagi tubuh, karna sudah terbiasa dan dianggap tidak memberikan efek berarti maka kebiasaan ini terus dilanjutkan. Namun ketahuilah mengkonsumsi jenis makanan tampa ada kadar gizi lebih dapat memicu masalah pada tubuh yang memang dampak yang akan terjadi tidak dapat dilihat secara langsung namun berkala dari tahun ketahun terutama jenis makanan yang banyak mengandung senyawa kimia (non alami)
 
1. Makanan padat gizi
Makanan  padat gizi adalah makanan berkualitas baik yang memiliki takran gizi dan nutrisi yang banyak ketimbang efek yang ditimbulkan.

Makanan ini dapat anda jumpa pada buah-buahan  dan sayur segar, biji-bijian, umbi-umbian serta berbagai jenis ikan dan daging.

Artikel terkait lainnya : Gejala hipertensi serta cara pencegahan penyakit darah tinggi

Contoh dari makanan diatas merupakan contoh dari jenis makanan yang padat gizi. Namun ada kalanya makanan itu bisa menjadi makanan non kalori apabila diolah secara tidak benar seperti biasa disebut dengan makanan instan atau makanan olahan.
 
2.  Makanan nol kalori
Makanan nol kalori adalah makanan yang  memberikan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak megandung vitamin  dan mineral yang diperlukan  untuk kesehatan  fisik dan metal.

Diabad modern seperti jenis makanan nol kalori inilah yang paling banyak dinikmati oleh masyarkat kita, contoh dari jenis makanan ini seperti Mie instan, bakso instan, kerupuk instan, bumbu instan, daging instan, semua yang diolah secara instan.

Kadar gizi makanan yang diolah secara diawatkan biasanya merusak kadar gizi yang terdapat pada makanan tersebut, makanan jenis ini sering sekali konsumsi pada saat sarapan dipagi hari seperti roti,  sereal manis dan lainnya.

Apakah jenis makanan nol kalori boleh dikonsumsi? Tentu saja - karna makanan nol kalori akan memberikan energi bati tubuh, namun perlu dingat jumlah dan takarannya haruslah seimbang sebab jika berlebih dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan karna biasanya makanan olahan tinggi akan kadar lemak dan zat-zat kimia yang dimasukkan pada makanan tersebut.

Perlu digaris bawahi bahwa  pola makan yang sehat itu lebih baik sedikit tetapi memiliki banyak gizi ketimbang makan tiga hingga empat piring namun kadar gizi dan nutrisi sama sekali tidak memenuhi AKG (angka kecukupan gizi)
Nah, sekarag kamu sudah tahu bukan tantang Cukupi makanan harian anda yang padat gizi bukan nol kalori

Dari pembahasan diatas dapat kita ambil pelajaran bahwa biasakan untuk mengolah sendiri makan keluarga anda ketimbang harus membeli makanan siap saji yang belum terjamin kualitas gizinya.

Segala penyakit itu ditentukan dari apa yang anda makan, seperti dapat kita amati secara langsung bahkan anda sendiri sudah tahu bahwa penyakit orang kaya dengan penyakit orang sederhana itu beda?

Jika penyakit orang kaya seperti diabetis, penyakit orang sederhana biasa pusing atau demam, dari sini saja dapat kita lihat bahwa makanan yang dimakan mempengaruhi jenis penyakit seseorang.

Jadi agar tetap sehat dan bugar baik itu orang kaya atau hidup sederhana tetap harus mejaga pola makan sehat yaitu makanan yang padat gizi bukan nol kalori.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai apa itu makanan padat gizi dan makanan nol kalori, samapai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cukupi makanan harian anda yang padat gizi bukan nol kalori"