Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala hipertensi serta cara pencegahan penyakit darah tinggi

Gejala hipertensi serta cara pencegahan hipertensi (darah tinggi) - Hipertensi atau bisa disebut juga dengan darah tinggi yaitu naiknya tekanan darah hingga  melebihi batas normal, yakni lebih dari 140/90 mm hg.

Hipertensi biasanya lebih banyak menyerang orang tua yang telah berumur 40 tahun keatas, biasanya masalah hipertensi sering disebut penyakit keturunan yang dibawa dari ayah atau ibunya atau nenek dan kekeknya.

Biasanya penyebab dari masalah hipertensi lebih kepada gaya hidup seseorang seperti sering merokok, minun – minuman beralkohol, sering stres, tidak mampu mengontrol pola makan, sering marah, tidak memperkuat sikap religius dan sebagainya. Rata-rata penyebabnya memang dipengaruhi cara atau gaya hidup yang tidak sehat baik dari fisik maupun untuk mental.

Gejala hipertensi serta cara pencegahan penyakit darah tinggi
Gejala hipertensi serta cara pencegahan penyakit darah tinggi

Masalah hipertensi bukanlah suatu penyakit yang bisa disembuhkan karna bukan termasuk penyakit yang menyerang secara terus menerus. Namun penyakit bisa muncul ketika kadar gula darah naik atau keadaan marah level tinggi, untuk penyembuhan hipertensi lebih kearah pencegahan naiknya darah yang dapat membuat pembuluh darah pecah.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai Gejala hipertensi serta cara pencegahan hipertensi (darah tinggi). Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

#Gejala Dan tanda-tanda seseorang mengidap hipertensi atau darah tinggi

Ketika seseorang mengalami penyakit darah tinggi biasanya diawali dengan berbagai gejala, penangan yang tepat memberikan dampak yang baik bagi tubuh, seseorang yang mengidap penyakit jantung, obesitas menjadi sangat berbahaya ketika darah sedang naik hal ini karna bisa memberikan kejutan dahsyat pada arteri tubuh yang memicu pencahnya pembuluh darah yang beakibat falat pada rusakanya pembuluh darah seperti stroke. Apa saja gejala tersebut, bagi yang sering mengalami gejala darah tinggi anda wajin tahu hal –hal beriku ini.
 
1. Perasaan tegang
Adanya perasaan tegang pada bagian tubuh terutama pada bagian otot-otot tubuh, hal ini karna reaksi darah yang mulai meningkat. Perasaan tegangan ini akan meningkat sesuai dengan tensis darah yang naik.
 
2. Mudah pusing
Ketika darah sedang naik (hipertensi) yang sudah melewati batas maka anda akan mengalami pusing berat, sehingga tidak anda akan sulit berjalan, kepala pusing ini disertai nyeri-nyeri pada sistem syaraf otak.
 
3. Susah tidur
Walaupun kepala terasa berat dan terasa ingin baringan saja, tapi jangan harap ketika seorang mengalami hipertensi tinggi akan mudah untuk tidur, karna biasanya untuk berbaring saja akan terasa sakit, jika sudah dalam kondisi seperti segara bawa ke rumah sakit terdekat dan berikan rasa tenang bagi korban.
 
4. Bagian tengkuk dan otot leher bagian belakang terasa berat dan kaku
Karna darah di tubuh naik menjadi tensi yang lebih tinggi akan memberikan penyumbatan di pembuluh darah pada bagian tengkuk dan leher, jika dibagian ini pecah maka akibatnya sangat fatal, anda harus bawa betenang dan hilangkan segala probelema hidup jika mengalami hal ini hindari segala makanan yang menyebabkan tensi darah naik agar penurunan darah tensi lebih cepat kamu bisa mengkonsumsi buah penurun darah tinggi seperti belimbing dan mentimun.
 
5. Pandangan mata terasa berat
Mata akan terasa berat dan berkunang – kunang, gejala ini hampi sama ketika anda stres dalam level akut, pandangan mata akan menjadi kabur disertai dengan pusing yang berlebih.
 
6. Mudah lelah
Tubuh akan kekurangan banyak energi, sehingga tubuh mudah lelah serta ketika seseorang mangalami hipertensi yang tinggi secara mendadak langsung dapat melepaskan energi sampai beberapa kalori.
 
7. Mudah emosi
Ketika seorang mengidap penyakit hipertensi sebaiknya anda kudu  sabar menghadapinya, karna memang lumrah rata-rata penderita penyakit hipertensi di derita bagi jiwa-jiwa yang suka marah.

Artikel terkait lainnya : Cara Mengetahui anda kurus - normal atau gemuk dengan perhitungan IMT dan indeks massa tubuh (alat pemantau berat badan)

Bagi pendiam, sikap sayang jarang sekali mengidapat hipertensi kucali bagi yang tidak bisa mengontrol pola makan yang sehat.

Ketika seorang mengalami tensi darah naik, sebaiknya anda jangan berdebat dengan dia, karna ia sangat mudah sekali terbawa suasana walaupun dia tidak menyadari. Dalam beberapa kasus penyakit stroke disebabkan oleh seseorang yang menderita hipertensi desertai dengan sikap pemarahnya.
 

#Cara pencegahan hipertensi (darah tinggi)

Ketika tubuh sudah mengalami hipertensi, maka kita hanya berharap semoga baik – baik saja, selama tensi darah naik masih dalam katagori sedang, mungkin efek yang ditimbulkan juga tidak begitu besar.

Jadi, penanganan yang paling tepat tentang persoalan ini yaitu lebih ditekankan pada pencehahan dari pada pengobatan karna penyakit hipertensi bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan melainkan dikontrol hal ini sama seperti penyakit diabetis.

Nah, bagaimana cara mengontrol hipertensi agar tidak mudah kambuh, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini:
 
1. Berhenti merokok
Rokok dapat memicu naiknya tekanan darah ditubuh, selain itu bagi perokok aktif yang lebih besar mendapatkan efek terkena serangan jantung dan stroke.

Bagi anda perokok aktif lebih sering-seringlah olahraga dan menajaga pola makan anda agar tensi darah tidak sempat naik, dan anda harus waspada ketika tanda – tanda diatas telah anda rasakan, sebaiknya mengkonsumsi obat penurun darah tinggi.
 
2. Berhenti mengkonsumsi minuman keras
Minuman keras termasuk kerabat dari rokok. Penderita hipertensi yang mengkonsumsi minuman keras akan 2x lebih besar mengalami penaikan tekanan darah secara abnormal ketimbang yang tidak mengkonsumsi minuman keras.
 
3. Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur merupakan cara yang paling efektif mengatasi hipertensi, hal ini karan dengan berolahraga akan meningkatkan kesegaran dan kebugaran tubuh, menguatkan jantung, mangatasi obesitas serta mengurangi penimbunan lemak yang dapat menghambat darah pada pembuluh darah serta yang paling penting menghindari hipertensi anda.
 
4. Diet rendah garam
Garam yang berlebih dapat memicu kegemukan atau obesitas sehingga sangat tidak baik untuk penderita hipertensi.

Makanan tinggi kadar garam contohnya ikan asin, ikan asin dapat memicu naiknya tekanan darah anda, jika anda pecinta ikan sebaiknya kamu mengkonsumsi ikan hidup saja.
 
5. Memperbanyak minum air putih
Air putih sangat baik untuk memperbaiki sruktur darah agar tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, air putih dapat membantu memproduksi darah lebih baik  dan mengatur kekentalan darah anda. Konsumsilah air sebanyak 8 – 10 gelas perhari.
 
6. Memeriksa tekanan secara berkala
Memeriksakan tekanan darah secara berkala, terutama bagi seorang yang memiliki riwayat keluarga penderita hipertensi menahun.
 
7. Hindari stres dan bawa betenang ketika marah
Menjalani hidup yang wajar serta tidak terlalu berlebihan dalam segala hal, ikhlas dengan segala cobaan , tidak mudah marah, penuh kasih sayang, dan penyabar.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Gejala hipertensi serta cara pencegahan hipertensi (darah tinggi)

Darah tinggi bukanlah suatu penyakit yang akan melekat secara terus menerus pada tubuh namun ia akan datang ketika anda menerapkan pola hidup yang tidak sehat baik secara psikis dan fisik.

Memang penyakit ini jerang sekali menyerang seseorang, namun sekali hantam dapat memicu masalah yang serius, seperti serangan jantung, stroke, serta yang lebih parah menyebabkan kematian.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai cara mencegah penyakit hipertensi.  Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Gejala hipertensi serta cara pencegahan penyakit darah tinggi"