Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meraih ketenangan hidup (sukses hidup dengan sikap dan mental positif)

Meraih ketenangan hidup (sukses hidup dengan sikap dan mental positif) - Tidak seorangpun yang tidak ingin menikmati ketenangan dan kebahagian dalam hidup. Dan semua orang akan berusaha mencarinya, meskipun tidak semuanya dapat mecapai yang diinginkan itu. Bermacam sebab dan rintangan yang sering terjadi, sehingga banyak orang yang mengalami kegelisahan, kecemasan dan ketidakpuasan.

Meraih ketenangan hidup (sukses hidup dengan sikap dan mental positif)
Meraih ketenangan hidup (sukses hidup dengan sikap dan mental positif)

Keadaan yang tidak menyenagkan itu tidak terbatas kepada golongan terntentu saja, tetapi tergantung pada cara orang menghadapi suatu peroalan . misalnya  orang miskin yang gelisah,karena banyak keinginannya yang tidak tercapai , bahkan kebutuhan pokok saja tidak bisa dipenuhinya . sebaliknya ada juga orang kaya yang juga gelisah, cemas dan merasa tidak tentram dalam hidupnya . tetapi sebab kecemasan lain, bukan karena kekurangan uang, malainkan oleh hal-hal lain seprti kebosanan tidak tahu apa yang di harus dilakukan dengan uangnya yang banyak dan segalanya cukup, atau mungkin pula ingin selalu menambah hartanya lebih banyak lagi.

Setiap orang tentu pernah menemukan kesukaran dalam berbagai bentuk. Hal yang mereka sama sama rasakan ialah ketidak tenangan jiwa. Dapat dikatakan , semakin maju orang semakin banyak komplikasi hidup yang dialaminya banyak persaingan, perlombaan dan pertentangan karena semakin banyak kebutuhan dan keingian yang harus di penuhi , dan keingianan yang harus dipenuhi, dan semakin sukarlah orang mncapai ketenangan hidup.

Sesungguhnya keteangan hidup, ketentraman jiwa atau kebahagian batin , tidak banyak tergantung kepada factor-faktor luar seperti keadaan social, ekonomi , politk, adat kebiasaan dan sebagainya. Akan tetapi lebih tergantung pada cara dan sikap menghadai factor-faktor tersebut

Kita tidak menandakan pengaruh factor-faktor itu, Karena memang ada pengaruhnya.

Misalnya, dalam menghadapi kesulian ekonomi orang  menjadi bingun gelisah dan sedih, bukan Karen kemerosotan keadaan ekonominya itu secara langsung, akan tetapi ketidak mampuannya menghadapi factor itu secara wajar, serta tidak dapat memikirkan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masalah Dilakukan untuk menghadapi masalah itu. Akibatnya ia dihinggapi oleh rasa gelisah yang sangat ,yang kadang-kadang membawa kepada tindakan dan sikap yang tidak normal dalam hidupnya.
Jadi yang menentukan ketenangan dan kebahagian hidup adalah kesehatan mental. Kesehatan menatal itulah yang menetukan tenggapan seseorang terhadap menyesuaikan diri, kesehatan metal pulalah yang menentukan apakah orang akan mempunyai kegairahan untuk hiudup atau akan pasif dan tidak bersemangat.

Artikel terkait lainnya : faktor Penyebab berkeringat Saat Tidur malam : Kenali 9 Kemungkinan Penyebabnya

Orang yang sehat mentalnya tidakakan lekas merasa pustus asa, pesimis atau pasti kerana ia dapat menghadapi semua rintangan atau kegagalan dalam dalam hiup menerima kegagala itu sebagai suatu pelajaran yang akan membawa sukses natinya ,apabila kegagalan itu dihadapi dengan tenang, maka akan dapat dianalisis dan cerai sebab-sebab yang menimbulakanya, atau ditemukan faktor-faktor yang tidak tapat. 

Dengan demikian akan dapat dijadikan pelajran dalam usaha yang akan datang, yaitu menghindari semua hal yang membawa kegagalan pada waktu yang lalu itu.

Untuk mengetahui apakah seseorang sehat atau gangguan mentalnya, tindakalah mudah, karena tidak mudah di ukur , periksalah atau dilihat dengan alat-alat medis seperti halnya dengan kesehatan jasmani.
Biasanya yang dijadikan bahan penyelidikan atau tanda-tanda dari kesehatan mental adalah tindakan. Tingakah laku atau perasaan. Kerenanya seseorang dikatakan tergangu kesehatanya metalnya bila terjadi kegoncangan  emosi, ada kelainan dalam tingakah laku  atau tindakannya.

Dari hasil penelitan yang dilakukan tehadap pesien-pasien yang tergangu kesehatan metalnya,dapat mempengaruhi keseluruhan hidup seseorang.
 

#sukses hidup dengan sikap dan mental positif

Untuk meraih ketenangan hidup diperlukan adanya sikap positif dalam mejalankan nya. Sikap mental positif merupakan anpas yang setiap saat berdegug dalam mejalani kehidupan. Ia menjadi sumber enegi yang luar biasa hebatnya di dalam pengendalian daya tahan dan daya juang dalam meraih kehidupan yang bahagia.

Sikap mental positif senantiasa akan mengembangkan sikap-sikap untuk tidak memprmasalahkan masalah, melainkan mecari solusi atas masalah.

Orang yang memepermasalahkan masalah senantiasa akan bermasalah dan mengangap bahwa hidup ini penuh dengan masalah, lain halnya kalau yang kita kembangkan adalah sikap mental positif ,maka sekalipun hudup ini pada dasarnya penciptaan masalah , namun karena kita mampu menyelesaikan setiap masalah yang muncul dengan tenang dan optimis, maka kita menggangap bahwa hidup ini menjadi lebih dinamis dan variatif .

Orang yang gagal adalah orang yang selalu mempermasalahkan masalah atau orang yang selalu mencari alasan pembenar atas masalah yang dihadapi atau kegagalan yang di alami sedangkan orang yang bahagia adalah orang-orang yang sealu mencari sulusi atas masalah yang dihadapi, orang yang bahagia itu adalah orang yang tidak mempermasalahkan masalah melainkan sanantiasa mencari alternative –alternati pemecahan masalah atas masalah yang dihadapi.

Hidup menjadi lebih bahagia dan optimis karena masalah selalu terselaikan dengan kepala dingin, bijaksana dan penuh dengan antusiasme akan kehidupan di masa depan. Masa depanlah yang lebih utama. Masa lalu biarkan berlalu ia cukup dijadikan memori atau kenangan sejarah masalah selalu, sejarah hanya baik untuk dijadin cermin bukannya untuk diulangi.
Jika ktia pernah menemukan pegalaman yang kurang menyenangkan, jangan biarkan pengalaman tersebut menjatuhkan anda , tetaplah melangkah kedepan, melanjutkan perjalanan hidup anda, dengan penuh optimis. Untuk itu tinggalkan kebiasaan mempermasalahkan orang lain. Karena satu-satunya orang yang harus bertanggung jawab atas kehidupan yang kita jalani adalah diri kita sendiri 

Dalam keadaan yang tidak menyenangkan mungkin kita merasa bahwa seluruh dunia ini seolah sedang berusaha menentang kita. Akan tetapi jika kita berhasil meninggalkan masa lulu dengan berusaha meraih masa depan yang lebih baik maka kita akan menyadari bahwa  itu sama tidak benar.
Jadi jangan biarkan masa lalu menjatuhkan kita fokuskan pikiran dan perasaan untuk berusaha meraih masa depan yang lebih indah  meraih kehidpan yang lebih bahagia  dan meraih ketenangnan dalam hidup.

Nah, sekarang kamu bisa Meraih ketenangan hidup dan selalu berpikir positif dan selalu mendekankan diri kepada allah sat karna kebahagian hakiki adalah berusaha meningkatkan diri kepada sang pencipta. Sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan mental lainya,bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Meraih ketenangan hidup (sukses hidup dengan sikap dan mental positif)"