Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan yang kurang sehat

Cara posisi tidur yang baik untuk kesehatan serta posisi tidur yang kurang sehat - Tidur adalah aktivitas wajib manusia yang wajib dipenuhi agar tubuh bisa beristirahat untuk memulihkan stamina dari aktivitas harian.

Selain untuk memulihkan stamina tudur juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sebagai pengontrol kesehatan.

Maka dari itu wajar saja bagi seorang yang mengidap insomania dan yang suka begadang memiliki tubuh yang lesu dan tingkat stamina yang lemah, selain itu juga mudah sekit – sakitan.

Untuk itu aktivitas tidur haruslah dapat anda penuhi setiap harinya, waktu tidur yang baik yaitu dimalam hari sebelum pukul 22.00 dan siang sekitar12. 40 atau setelah waktu zhuhur.

Cara posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan yang kurang sehat
Cara posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan yang kurang sehat

Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan tidur, salah satunya posisi tidur yang baik dan posisi tidur yang kurang sehat.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas sedikit mengenai Cara posisi tidur yang baik untuk kesehatan serta posisi tidur yang kurang sehat. Apa saja itu untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

#Cara posisi tudur yang sehat dan posisi tidur yang kurang sehat

Setiap orang memiliki cara tidurnya masing-masing, jika anda meletakkan kamera CCTV pada saat anda tidur, anda akan tertawa geli melihat tingkah laku anda saat tidur. Jika anda penasaran anda bisa mencobanya.

Dari hasil penelitian bahwa posisi tidur juga dapat menentukan seseorang itu akan bermimpi baik atau beruk, serta masalah kualias tidur.

Artikel terkait lainnya : 16 jenis tanaman obat herbal yang tidak boleh dikonsumesi bagi ibu hamil

Memang kebiasaan posisi tidur sering dianggap sepele karna tidak terlalu penting, yang terpenting dapat tidur dengan nyenyak.

Tapi jika anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik,mendapatkan mimpi yang indah, serta yang lebih penting mendapatkan manfaat untuk kesehatan adan tata cara tidur yang baik yang perlu anda ketahui. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

1. Posisi tidur yang kurang sehat

Cara tidur atau posisi tidur yang kurang sehat yaitu dengan posisi telantang hal ini dikarenakan  menekan atau menyesakkan tulang punggung.

Sedangkan tidur dengan telungkup  atau menelungkup memiliki efek yaitu dapat  memebuat sikluas udara yang masuk menjadi sulit atau tidak praktis untuk pernapasan.

Posisi tidur miring menghadap ke kiri juga kurang sehat karna dapat berpotensi menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu  danpasukan darah ke otak berkurang. Secara ilmiah penyebab mimpi buruk dan mimpi menyeramkan serta berjalan pada saat tidur salah satu penyebabnya yaitu tidur dalam keadaan miring ke kiri.
 

2. Posisi tidur yang sehat

Setelah anda mengetahui posisi tidur yang tidak sehat tentu anda sudah berpikir bukan bagaimana sih cara atau posisi tidur yang sehat itu? 

Posisi tidur yang paling baik adalah  berbaring miring menghadap ke kanan  tubuh. Kenapa demikian. Hal ini karna telah diuji oleh para ahli medis, secara sederhananya organ vital manusia banyak terdapat pada bagian kiri, dengan menghadap kekanan maka organ vital kita tidak akan terhimpit atau tertindih oleh organ lainnya.

Usahakan juga  ketika tidur  agar kepala menghadap ke  utara  dan kaki selatan,  dengan posisi seperti ini  tubuh tidak akan menolak  arus medan magnet bumi dari utara ke selatan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Cara posisi tidur yang baik untuk kesehatan serta posisi tidur yang kurang sehat.

Selain  faktor tempat tidur, untuk mendapatkan kesehtan yang menyeluruh bisa berupa menggunakan tempat tidur yang bersih, mematikan lampu ketika tidur, tidak makan yang sebelum tidur, dan lain sebagainya, itu semua faktor pendukung agar kualitas tidur anda menjadi lebih baik.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai posisi tidur yang sehat, sampai jumpa lagi pada artikel kesehatan lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan yang kurang sehat"